Powered by Blogger.
RSS

Perjalanan Hidup Dari Driver Menjadi Trainer




Judul                          :  Metamorfosa – Change Your Life, Touch Your Dream
Penulis                        :  Rahman Patiwi
Penerbit                      :  Mizania (Mizan Grup)
Tebal Buku                :  166 halaman
Terbit                         : Mei 2014
ISBN                           :  978-602-9255-87-4
Alam mengajarkan tentang ulat buruk rupa yang bermetamorfosa menjadi kupu-kupu cantik yang menarik dipandang mata. Pembelajaran yang bisa ditarik dari proses tersebut, bahwa hal yang buruk bisa berubah menjadi sesuatu yang luar biasa indah. Hal ini berlaku juga pada kualitas hidup dan pencapaian seseorang. Ketika berada di titik rendah, harus dipacu semangat untuk berusaha naik ke titik yang lebih tinggi. Jangan ragu untuk memancang mimpi.
Demikian yang dialami Rahman Patiwi. Posisinya sekarang sebagai trainer andal, bermula dari mimpi yang dibangunnya ketika berprofesi sebagai sopir angkot. Siapa sangka, impiannya kemudian mewujud nyata.
Rahman Patiwi membagi perjalanannya bermetamorfosa dalam buku setebal 166 halaman. Selain bertutur tentang perjalanan hidupnya, diuraikan juga bagaimana proses transformasi dari no-one to someone. Bagaimana mempertahankan keyakinan untuk menggapai mimpi di tengah cibiran dan cemoohan orang. Sebaiknya kamu ngaca, Man! Impianmu harus realistis. Jangan berlebihan. Kamu bagaikan pungguk merindukan bulan. Sudah bisa makan, ya syukur. Jadi orang itu sing bersyukur, udah punya kerjaan, kok belum puas. (halaman 79)
Buku ini diawali dengan kisah masa kecilnya yang dibelit kemiskinan. Sehari-hari ayah ibunya berjibaku di sawah. Rahman pun mau tidak mau harus membantu keduanya, dan melupakan keinginannya untuk bermain dengan teman-teman sebaya. Meski hidup serbasusah, ibunya tidak pernah mengeluh, dan ayahnya gigih membanting tulang demi keluarga. Kehidupan masa kecilnya itu sangat berperan dalam membentuk pribadi Rahman di masa mendatang.
Selepas SMA, Rahman berkeras untuk hijrah ke Makassar, ingin melanjutkan kuliah. Meski awalnya sangat keberatan, akhirnya orangtuanya mengizinkan untuk kuliah. Saya berusaha meyakinkan bahwa urusan rezeki, sepanjang kita berusaha, Tuhan pasti menuntun pada kemudahan. Tekad dan kesungguhan saya benar-benar bulat, siap dengan segenap resiko di perantauan. (halaman 63)
Perjalanan hidup selanjutnya penuh dengan ujian kesabaran. Seharian lelah menyopir angkot namun pendapatan minus. Di tengah tekanan hidup itu, Rahman yakin akan terjadi ledakan dahsyat yang bernilai positif.
Selama menyopir, di dalam angkot senantiasa terdengar siaran dari radio SmartFM. Siaran tersebut tentang motivasi hidup dengan pembicara ternama, seperti: Hermawan Kartajaya, Tung Desem Waringin, Anthony Dio Martin, Ayah Edy, dan lain-lain.
Materi siaran itu disimpulkan dan didokumentasikan oleh Rahman dalam bentuk artikel yang berfungsi sebagai penyemangat. Salah satunya seperti ini: Man, pendapatan boleh kecil, profesi boleh rendahan. Tapi, jika kamu tidak mendapatkan sesuatu yang lebih setiap hari, dan sikapmu tidak berbeda dengan teman-teman seprofesimu, jangan pernah bermimpi terjadi perubahan dalam hidupmu. (halaman 77)
 Selain mengasah diri dengan pengetahuan dari SmartFM, Rahman pun meluangkan waktu untuk membaca. Buku “Change Your Thinking, Change Your Life” karya Brian Tracy, sangat menginspirasinya.
Selanjutnya, dengan keinginan kuat, pelatihan dengan harga tiket hampir 3 juta rupiah, berhasil diikutinya. Kemudahan-kemudahan dibukakan Tuhan. Dalam kesempatan itu, Rahman bertemu dengan Jamil Azzaini. Di bawah gemblengan trainer hebat itu, Rahman mulai menapaki kehidupan baru sebagai seorang trainer, dan mengucapkan selamat tinggal driver.
Langkah demi langkah berikutnya mematangkan kualitasnya. Berbagai seminar dan pelatihan mengundangnya sebagai narasumber, datangnya ajakan road show ke beberapa daerah, permintaan mengisi talk show di radio, dan sebagainya.  Rahman pun semakin sering bertemu dengan orang-orang hebat.
Berbagai pengalaman pahit yang pernah dilalui, menyadarkannya bahwa tak ada pengorbanan yang sia-sia. Tuhan senantiasa membayar segenap ikhtiar hambaNya. Kini, melalui lembaga bernama “Breaking Life Institute” yang didirikannya, Rahman berusaha menebar manfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain. Hadir rasa bahagia yang tak ternilai ketika bisa berbagi, menginspirasi, lalu mendapati banyak orang mengalami perubahan dalam hidup mereka. Tujuan awalnya hanya ingin menolong diri sendiri, kini ia mampu membantu orang lain.  
Dalam buku ini terdapat banyak kiat untuk hidup lebih baik, mengubah diri dari biasa menjadi luar biasa, dari tak berharga menjadi istimewa. Buku ini mengajak Anda melakukan 3 hal penting, yaitu: memiliki big dream, menyambutnya dengan keyakinan, dan bertindak nyata.

#Resensi ini dimuat di media smartmomways.com pada tanggal 30 Oktober 2014

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment