Powered by Blogger.
RSS

Move On Nggak Pake Lama




Judul      : On For Teens – Move On Nggak Pake Lama
Penulis   : Dhian Motiva Teens
Penerbit : Mizania – PT Mizan Pustaka
Cetakan : Oktober 2014
Tebal     : 239 Halaman
ISBN     : 978-602-1337-27-1

Tahun Baru menyimpan harapan baru. Bila pada tahun sebelumnya, masih banyak hal yang belum tercapai, maka terbuka kesempatan untuk meraihnya di tahun yang baru ini. Semua tergantung pada usaha yang dilakukan. Akankah segera bangkit atau terus terpuruk meratapi nasib.

Buku “On For Teens” mengajak pembaca untuk menyusun strategi demi meraih hidup yang sukses dan mulia. Diawali dengan ‘formula rahasia’, bahwa Tak seorang pun bisa mengubah hidup kita, kecuali kita sendiri (halaman 13). Kekuatan ada di tangan kita. Tuhan sudah menganugerahkan modal dan potensi yang sama. Tinggal bagaimana kita memanfaatkannya dengan baik.

Namun di tengah perjuangan untuk menjadi lebih baik, bisa saja tiba-tiba kehilangan semangat dan antusiasme. Motivasi menguap. Akhirnya kembali pada kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak sehat. Menyiasati hal ini, perlu ditanamkan pemahaman tentang komitmen. Berdasarkan kalkulasi matematika, cuma ada 5% orang sukses di muka bumi. Orang-orang ini menetapkan dan menepati komitmen untuk sukses (halaman 34).

Sebaliknya, yang 95% orang biasa-biasa saja. Mereka hanya berharap ingin sukses. Mereka hanya melakukan tindakan-tindakan yang membuat nyaman. Tidak mau keluar dari zona nyaman. Mereka punya banyak alasan untuk tidak melakukan sesuatu (halaman 35).

Komitmen akan menjadi kekuatan awal dalam membangun perubahan. Di dalamnya pasti ada banyak tantangan dan ujian. Bahkan binatang pun harus melewati ujian dan tantangan berat. Seperti ulat yang hendak berubah menjadi kupu-kupu. Ia harus berpuasa 3 bulan non-stop. Demikian juga burung elang. Ia harus mengalami masa sakit yang panjang ketika mencabuti bulu-bulu sayapnya satu per satu, mencabut kuku-kuku kakinya, serta menghancurkan paruhnya. Tapi perjuangan berat itu kemudian membuat elang menjelma menjadi raja dari segala jenis burung dengan usia hidup yang sangat panjang (halaman 43).

Setelah memantapkan diri untuk teguh pada komitmen, selanjutnya perlu menetapkan visi. Dengan visi, tujuan akan menjadi jelas. Seorang yang punya visi untuk menjadi pengusaha dunia, tentu tidak akan mengambil kuliah jurusan kedokteran. Bagaimana cara menetapkan visi, dipaparkan jelas dengan contoh-contoh kisah orang-orang sukses di dunia. Ada cuplikan kisah Adam Khoo yang semula prestasinya hancur saat SD dan SMP, kemudian melejit bisa masuk ke SMA terbaik, hingga menjadi salah satu miliarder termuda di negaranya, Singapura. Lalu ada kisah heroik Muhammad AlFatih yang spektakuler, seorang panglima muda berusia 21 tahun yang berhasil menaklukkan Konstantinopel. Kemudian Robert T.Kiyosaki yang berjuang keras menerbitkan bukunya hingga akhirnya terjual 22 juta eksemplar di lebih dari 100 negara dan diterjemahkan dalam 50 bahasa. Dan dari tanah air, ada kisah sukses Chairul Tanjung, pengusaha yang menembus jajaran 1000 orang terkaya di dunia. Serta banyak kisah-kisah inspiratif lainnya.

Perjalanan kisah sukses selalu diwarnai dengan kegagalan. Ucapan terkenal dari Thomas Alfa Edison, yaitu: Saya tidak gagal. Saya hanya menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil (halaman 65). Maka bagi orang sukses, kegagalan adalah pelajaran yang baik. Kegagalan memberi kesempatan untuk memperbaiki hal-hal yang perlu disempurnakan. Karena sesungguhnya sukses adalah sebuah proses. Bukan bagaimana tujuan akhir diperoleh, tapi bagaimana seseorang mampu bangkit dan menyikapi kegagalan dengan tepat.

Hal yang penting juga adalah mengelola emosi. Karena emosi bisa berubah-ubah. Kadang penuh semangat, percaya diri, dan bahagia, tapi kadang bete, malas, atau tertekan. Emosi-emosi inilah yang mampu menggerakkan atau menghentikan aktivitas. Untuk melakukan action yang dahsyat, pastikan selalu dalam kondisi emosi positif. Dan untuk menciptakan emosi positif, perlu kemampuan untuk bisa mengontrol pikiran. Bisa dengan menciptakan gambaran yang menyenangkan saat menghadapi hal yang menantang, juga gambaran menyenangkan saat cita-cita tercapai (halaman 153).

Buku ini sangat pas ditujukan bagi remaja. Langkah-langkah strategi yang harus dirancang, dipaparkan dengan kalimat-kalimat yang mudah dimengerti. Pemaparannya lugas dengan bahasa khas anak muda, dan dilengkapi dengan ilustrasi menarik. Bila langkah-langkah tersebut dipraktikkan dengan sungguh-sungguh, maka bersiaplah ada di puncak tangga kesuksesan.

#Resensi ini dimuat di harian Singgalang Minggu, tanggal 1 Februari 2015
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 comments:

Putri Devina said...

hahahahaha kesuksesan dalam apanih maksudnya ?

Maya Siswadi said...

Waahhh bagus nih

Nefertite Fatriyanti said...

Semacam buku motivasi ya mak, bagus
Blogmu bagus mak, blog ku masih sederhana hehe

Post a Comment